Selamat Datang di My Blog's

Jumat, 13 Juli 2012

IPA dan Teknologi Bagi kehidupan Manusia

a.  IPA Sebagai Dasar Pengembangan Teknologi
1.      Pengertiaan  IPA
Ilmu Pengetahuan Alam adalah ilmu yang mempelajari tentang pengungkapan rahasia dan fenomena alam, meliputi asal mula terbentuknya alam semesta beserta isinya, proses mekanisme dan sifat yang dimiliki oleh benda itu sendiri. Jadi objek dari IPA adalah benda yang konkrit. IPA sering juga disebut dengan istilah sains dan dapat diartikan sebagai suatu kumpulan pengetahuan yang sistematik dari gejala- gejala alam (science is systematic knowledge). Sains adalah suatu eksplorasi ke alam materi berdasarkan observasi, dan mencari hubungan-hubungan alamiah yang teratur mengenai fenomena yang diamatiserta bersifat mampu menguji diri sendiri(science is an exploration in the material universe, based on observation, which seeks natural explanatory relation, and which is self testing). Sains bersifat objektif, netral dan bebas nilai, sekalipun berpijak pada sistem nilai, tapi antara lain bebas pertimbangan nilai(free from value judgement)(Zen,1984).
Ilmu terus berkembang seiring dengan berkembangnya rasa ingin tahu manusia, terutama terhadap benda-benda di sekelilingnya. Sebelum lahirnya IPA Modern, kebenaran pada waktu itu didasarkan pada kenyatan yang ada(sesuai objek) ini disebut IPA kulitatif.
Ada dua pendekatan yang digunakan dalam mencari kebenaran yaitu pendekatan ilmiah dan non ilmiah. Pendekatan ilmiah dilakukan berdasarkan pemikiran rasional, pengalaman empiris (factual) maupun referensi pangalaman sebelumnya.pengetahuan yang diperoleh melalui metode ilmiah disebut sebagai ilmu. Ada dua jenis penalaran ilmiah yaitu penalaran deduktif dan penalaran induktif. Penalaran merupakan proses berfikir dalam menarik kesimpulan yang berupa pengetahuan. Karakteristik dari penalaran adalah proses berfikir logis dan analitis. Ciri sains modern adalah teori mendahului eksperimen dan eksperimen dirancang untuk menguji teori, inilah sebenarnya yang menjiwai landasan metoda ilmiah.

2.      Pengertian Teknologi
Teknologi adalah upaya manusia memanfaatkan berbagai pengetahuan dan kemampuan yang dimilikinya, berbagai bahan yang ada dan dapat diperolehnya, memperhatikan keinginannya dan keinginan masyarakat disekelilingnya untuk menghasilkan karya(produk dan jasa) yang membuat hidupnya nyaman( hendrawijaya,2000). Pendapat lain mengatakan teknologi adalah ilmu terapan yang telah dikembangkan lebih lanjut, dan meliputi baik perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software)(Dikbud,1983). Teknologi dalam arti sempit adalah suatu peristiwa industri, sedangkan dalam arti luas adalah tindakan manusia untuk memenuhi kebutuhan dengan mudah, murah dan efisien(Kosela,2004). Zen (1984) mengatakan bahwa teknologi adalah applied science, yaitu penerapan sainsbagi kehidupan kesejahteraan manusia. Dari beberapa defenisi diatas terlihat bahwa teknologi adalah upaya manusia untuk memanfaatkan berbagai pengetahuan untuk menghasilkan suatu produk, yang dapat membuat hidup manusia nyaman.
3.      IPA Sebagai Dasar Pengembangan Teknologi
Ilmu dasar yang lebih dikenal dengan ilmu terapan (applied science) memiliki tujuan untuk memecahkan masalah-masalah praktis dan mengatasi kesulitan-kesulitan yang dihadapi manusia. Hasil kegiatan ilmu terapan harus ditransformasikan(pengembangan) menjadi bahan atau piranti atau prosedur/teknik pelaksanan ke dalam suatu proses pengelolaan atau produksi. Tindak lanjut dan hasil kegiatan pengembangan adalah teknologi, jadi teknologi adalah merupakan penerapan ilmu.
Ilmu yang melahirkan teknologi, jelas sangat dibutuhkan manusia untuk mengatasi berbagai masalah yang dihadapi manusia. Pengembangan sains didahului oleh penelitian dasar(Kimia, Biologi, Fisika) yang mengungkap fenomena- fenomena alam menjadi pengetahuan yang bermanfaat secara global.
Perkembangan IPA didahului oleh penelitian dasar yang mengunggkapkan fenomena alam secara matematik menjadi ilmu yang bermanfaat bagi kehidupan manusia secara global. Visi penelitian ilmu pengetahuan dan teknologi dasarnya sama, yaitu mensejahterakan manusia. Perbedaan pokok antara Penelitian Dasar dan Penelitian Terapan, yaitu:

Penelitian Dasar
Penelitian Terapan
       Rasa ingin tahu (curiosity driven)
.       Mempunyai orientasi tertentu (mission oriented)
     Bersifat mendasar (Foundamental)
  Bertujuan khusus memecahkan masalah (problem solving)
       Hasilnya dapat berdampak dalam waktu jangka panjang.
    Hasilnya dampak khusus, bermanfaat untuk kepentingan jangka pendek.

Untuk interaksi antara Penelitian Dasar dan Penelitian Dasar :
a.     Saling mengimbas, saling mengisi (cross fertilization).
b.    Riset terapan yang berkualitas memerlukan dukungan riset dasar.
c.     Riset dasar tanpa rangsangan riset rangsangan kurang subur.
Ilmu Pengetahuan dan Teknologi sangat berhubungan erat, bisa dikatakan teknologi adalah terapan dari ilmu pengetahuan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Insyinyur (engineer) adalah ahli yang menerapkan ilmu pengetahuan untuk memecahkan masalah yang dihadapioleh masyarakat. Ilmuan mencari landasan hukum alam, engineer yang menerjemahkan ilmu pengetahuan menjadi yang berguna (desain), tekhnisi yang menerapkan desain, membentuk bahan dan alat yang ditentukan oleh disain,. Bahan atau alat inilah yang merupakan produk teknologi yang dapat mensejahterakan dan menciptakan kenyamanan bagi kehidupan manusia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar